Idul Adha 1435 H di Lingkungan UR

www.unri.ac.id – Idul Adha 10 Dzulhijjah 1435 H tahun ini Masjid Arfa’unnas Universitas Riau kembali mengadakan kegiatan Shalat Ied berjamaah dan pemotongan hewan qurban yang dilaksanakan secara berturut-turut pada (5- 6/10) di lingkungan kampus UR daerah Panam. Sholat Ied dilaksanakan pada Minggu (5/10) pukul 07.15 WIB di lapangan Rektorat dan penyembelihan hewan qurban dilaksanakan pada Senin (6/10) pukul  07.30 di halaman masjid Arfa’unnas.

Hadir sebagai khatib yakni Profesor Alaidin Koto MA, Guru Besar UIN Suska dan imam yakni Risky Alwi. Dalam khutbahnya, Prof Alaidin mengingatkan bahwasanya Nabi ibrahim A.S memohon untuk mendapatkan anak yang shaleh, bukan anak laki-laki atau anak perempuan. “Disini yang dilihat adalah kualitas manusianya,jadi tidak tergantung pada isu gender, namun dari ketaatan terhadap aturan yang Allah SWT ciptakan. Dalam kaitan dengan civitas akademika, hendaknya kampus menjadi acuan dalam menata masyarakat banyak.” ungkapnya dalam ceramah yang beliau sampaikan dihadapan ratusan jemaah yang hadir.

adha 1
Para jemaah berfoto bersama Khatib sholat Ied yakni prof.  Alaidin Koto MA (foto: doc Agus Ika)

 
adha 4
Suasana sholat Ied Adha di lapangan Rektorat UR pada Minggu (5/10). Dihadiri bukan hanya dari internal kampus tetapi juga masyarakat luar kampus. (foto: doc Agus Ika)

Tampak hadir masyarakat umum sekitar kampus, para staf juga turut hadir  sebagai jemaah sholat Ied yakni para panitia sekaligus dosen UR yakni Dr. Ahmad Fadli selaku ketua panitia qurban, Dr. Arisman Adnan Msc, Agus Ika Putra MSc dan ketua mesjid Arfa’unnas Dr. Syamsudhuha.

Rektor UR Prof. Dr. Ir. H. Aras Mulyadi, DEA hadir dan menyaksikan acara penyembelihan hewan qurban. Dalam acara yang sama, salah seorang panitia qurban yakni Agus Ika Putra menjelaskan bahwa total hewan qurban yang disembelih pada hari Senin tersebut sebanyak 9 ekor sapi. “Hewan qurban ini berasal dari internal dan eksternal UR yakni dari 41 orang dosen, staf 4 orang dan 18 orang masyarakat luar kampus UR” ungkap Agus yang juga merupakan dosen di Fakultas Teknik UR.

qurban1
Suasana penyembelihan hewan qurban di Mesjid Arfa’unnas pada Senin (6/10) dan sekaligus pembagian daging qurban untuk internal kampus (foto: Hizra)

Dihari yang sama, dilaksanakan pembagiaan daging qurban untuk staf di lingkungan UR. “Semua staf honorer dan golongan 2 dari Fakultas, lembaga dan Unit juga mendapat daging qurban. Ini sekaligus sebagai bentuk ukuwah Islamiyah dan agar para staf di internal kampus dapat merasakan indahnya kebersamaan di bulan Idul Adha yang suci ini” jelas Rektor UR yang ditemui disela-sela acara qurban. ***(Hizra BPTIK UR)